Friday 8 January 2016

Resep Dan Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Banyumas

Sebelumnya kami telah membahas resep mendoan tempe khas Banyumas Purwokerto. Ada perbedaan yang khas sekali antara tempe mendoan Banyumas dengan daerah yang lainnya. Misalnya kalau di daerah Semarang, tempe mendoannya cenderung lebih gurih dan warnanya agak kuning. Namun kalau mendoan Banyumas terlihat lembek, lebih empuk, dan warnanya putih. Satu yang membedakan lagi adalah mendoan biasa lebih sedikit daun bawangnya dibandingkan dengan mendoan Banyumas.
 Tiap-tiap daerah memang memiliki kuliner yang khas. Kalau kita wisata kulineran pasti kita akan ingat daerah yang pernah kita kunjungi dan akan kangen dengan masakan khasnya itu. Mendoan tempe memang merah meriah. Harga tiap mendoan sekitar Rp750 hingga Rp10000. Kalau di warung langganan, kita bisa pesan tempe mendoan. Cara menikmati tempe mendoan yang paling enak adalah dengan menikmatinya saat masih panas terus dicolekin sambal kecap manis. Hemm,,,, rasanya yahuuuuut banget!
Oke mari kita simak cara memuat tempe mendoan paling enak.

Bahan:
1 potong tempe yang diiris tipis-tipis
Tepung terigu 300 gram
Tepung beras 50 gram
Minyak goreng secukupnya
2 potong daun bawang yang potong-potong kecil
Air secukupnya

Bumbu yang perlu dihaluskan:
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 1 siung
Garam dapur 2 sendok teh
Bumbu penyedap rasa 1/2 sendok teh
1 sendok teh ketumbar butiran
1 butir kemiri

Cara membuatnya tempe mendoan secara sederhana
  1. Kita akan membuat adonan tempe terlebih dahulu. Sediakan baskom kecil, masukan tepung terigu, tepung beras, dan air secukupnya. Jika adonan sudah kental berarti adonan sudah cukup diberi air.
  2. Masukan daun bawang dan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk-aduk sampai rata. Coba sista rasakan adonannya dengan mengambil sedikit aja di lidah. Apakah rasa asinnya sudah pas apa belum. Kalau belum ditambahkan dengan garam lagi yah.
  3. Masukan tempe satu persatu ke dalam adonan. Lumuri tempe dengan adonan agar merata.
  4. Goreng tempe pada minyak yang sudah panas. Tempe dibolak-balik agar matangnya secara keseluruhan. Hati-hati ketika membalik tempe, jangan sampai tangan maupun wajah sista terkena minyak goreng panas.
Itu saja resep tempe mendoan, sangat sederhana bukan? Sista di rumah pasti bisa memasaknya. Waktu yang diperlukan untuk memasak tempe mendoan ini tidak lama. Cukup 30 menit sudah selesai semua.

Mengapa pada adonan tempe mendoannya diberi tepung beras? Kalau di daerah lain selain banyumas, adonan tempe mendoan diberi tepung beras untuk menghindari mendoan tempe yang sangat lembek. Itula ciri khas mendoan daerah lain seperti Semarang. Rasanya agak gurih dan tidak selembek mendoan banyumas.


No comments:

Post a Comment